Rekomendasi 7 Game Edukatif untuk Anak SD yang Tersedia di Smartphone

Siswa SD berada di era di mana permainan sangat menyenangkan dan menarik perhatian. Anda tidak perlu khawatir karena banyak game edukatif untuk anak SD sekarang dapat dimainkan dengan mudah melalui ponsel pintar. Oleh karena itu, penggunaan ponsel pintar dapat memberikan nilai tambah unik bagi anak-anak.

Masa kanak-kanak sekolah menengah adalah waktu yang paling menyenangkan. Namun, anak-anak juga perlu mendapatkan waktu untuk bersantai dan menghibur di antara aktivitas sekolah. Akibatnya, game-game berikut ini disarankan untuk anak SD yang tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik:

  1. Permainan Memori Pendidikan Kemampuan mengingat sangat bermanfaat bagi anak untuk memperoleh pengetahuan yang penting dalam hidup. Tidak diragukan lagi, saat ini semakin banyak remaja yang mudah lupa.

Jadi, kemampuan mengingat harus dilatih sejak kecil, dengan bermain game ini, misalnya. Game edukasi ini mendorong anak-anak untuk menyelesaikan soal-soal dengan tampilan yang menarik. Sehingga permainan tidak membosankan, konsepnya beragam.

Mengingat benda, menemukan perbedaan di gambar, mencari pola yang tepat, dan lain-lain adalah aktivitas. App berukuran 22 MB ini memiliki tiga tingkat, mulai dari mudah, sedang, hingga keras, yang dapat disesuaikan dengan kemampuan anak.

  1. Lingokids Play and Learn: Lingokids adalah rekomendasi permainan edukatif untuk anak SD. Permainan-permainan ini termasuk dalam kategori “Teacher Approved” dan cocok untuk anak-anak dari usia TK hingga SD, dengan lebih dari 1000 aktivitas menarik yang dapat melatih kemampuan otak anak.

Baik dalam matematika, membaca, atau ilmu psikologi, seperti sifat menghargai satu sama lain Anak-anak dapat menikmati aktivitas belajar sambil bermain karena semua dikemas dengan tampilan yang menarik dan kreatif. Lingokids tersedia untuk didownload dalam ukuran 62 MB.

  1. Game Anak Cerdas dibuat oleh Acer Indonesia dan dirilis pada tahun 2014. Permainannya memiliki sejumlah subjek pelajaran yang berbeda, masing-masing disesuaikan dengan tingkat kelasnya. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur pengendalian orang tua, yang memungkinkan orang tua untuk memantau perkembangan anak mereka saat mereka memainkan game tersebut.

Selain itu, ada Zona Anak, yang dimaksudkan untuk mencegah anak-anak mengakses halaman web atau aplikasi yang tidak sesuai dengan usia mereka. Selain itu, ada opsi Izin Unduh, di mana anak harus memasukkan kata sandi orang tuanya sebelum dapat mengunduh aplikasi.

Aplikasi ini memungkinkan orang tua memantau aktivitas anak dan merekomendasikan hal-hal yang menarik untuk dilakukan sesuai usia anak. Sekarang Anda tidak perlu khawatir tentang anak-anak Anda mengakses situs web atau aplikasi yang tidak aman.

  1. Adventure Body Parts: Jika Anda bosan dengan game dengan tema matematik, cobalah Body Parts Adventure. Game edukatif anak SD ini mengambil tema sains penting yang harus diketahui anak SD. Anak-anak akan diajarkan tentang bagian tubuh dan fungsinya.

Aktivitas belajar dikemas menjadi permainan yang seru, tentu saja. Anak-anak akan menghadapi petualangan dan tugas-tugas yang menantang. Pemain harus memahami fungsi bagian tubuh. Game ini memiliki syarat pengetahuan yang bermanfaat dan tidak membosankan meskipun terlihat sederhana.

  1. Permainan Matematika untuk Anak-anak: Math Games adalah aplikasi dari RV AppStudios yang berfokus pada permainan matematika. Banyak soal matematika yang dikemas dengan konsep game tersedia dalam aplikasi berukuran 24 MB ini. Dari yang paling sederhana, seperti pembagian, hingga yang lebih kompleks, seperti akar.

Siswa SD dapat memainkan game ini dengan menyesuaikannya dengan pelajaran sekolah dan kemampuan mereka. Contoh permainannya termasuk desimal, perkalian, pecahan, dan aljabar, antara lain. Anak-anak dapat secara bertahap meningkatkan tingkat permainan mereka hingga mereka benar-benar menjadi terbiasa dengan perhitungan.

  1. Cerdas Cermat SD: Game edukatif untuk anak SD ini dibuat oleh Solite Kids dan menggunakan soal-soal yang biasanya digunakan dalam ujian UAS dan UNAS. Anak-anak dapat memperoleh variasi yang berbeda saat belajar berkat antarmuka yang sederhana namun menarik.

Game berukuran 27 MB ini memiliki fitur Try Out hingga pembahasan soal, yang memungkinkan anak-anak mencocokkan dan mendalami lebih jauh soal yang mereka kerjakan. Selain itu, terdapat sertifikat dan rapor ujian yang menunjukkan hasil permainan.

Dengan demikian, anak akan terbiasa dengan laporan evaluasi dan menganggapnya sebagai kesempatan untuk belajar daripada tekanan. Game ini tersedia untuk siswa SD dan SMP.

  1. World of Train Conductor: Jenuh dengan game edukatif anak SD yang biasa? Game yang dikembangkan oleh The Voxel Agents ini dapat berfungsi sebagai alternatif. Dengan demikian, anak akan diajak untuk mencoba menjadi masinis. Membawa kereta penumpang ke tujuannya adalah cara melakukan pekerjaan ini.

Anak-anak dapat mengunduh dan memainkannya di perangkat dengan ukuran 78 MB. Kelihatannya yang menarik, berbagai jenis kereta, dan standar yang terus meningkat pasti tidak akan membuat Anda jenuh.

Itulah beberapa pilihan game edukatif untuk anak SD yang menyenangkan dan membantu membangun otak mereka. Game dapat membantu saat orang tua sering khawatir tentang penggunaan ponsel anak. Smartphone sebenarnya dapat digunakan dengan berbagai cara, seperti bermain game yang menarik dan mendidik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *